Script

Selasa, 04 Desember 2012

Osteoporosis Tak Hanya Menyerang Perempuan

Hadir lagi nii, di Jelajah Kehidupan,,,,ingin tahu nggak sih, Kenapa osteoporosis tak hanya menyerang peremuan? 
Selama ini ada anggapan, osteoporosis merupakan penyakit yang hanya   menyerang para perempuan lansia. Namun, pernyataan itu kini tidak dapat dibenarkan karena ternyata kaum  laki-lakipun terkena penyakit yang satu ini.
     Belum lama ini sebuah diagnosis telah dilakukan untuk mengetahui apakah penyakit ini juga meyerang kaum laki-laki. Ternyata ditemukan angka bahwa tiap satu perempuan banding 10 laki-laki berusia di atas 80 tahun telah menderita penyakit tulang yang satu ini.
Berikut akan dijelaskan cara mencegah dan mengobati penyakit ini pada kaum laki-laki :

Apa saja karakteristik osteoporosis pada laki-laki?
      Ada beberapa bentuk tulang laki-laki yang berbeda dari perempuan dan pada usia yang sama perubahan tulang juga berbeda dari yang terjadi pada wanita. Penyakit ini juga menyerang laki-laki yang kurang bergerak dan kurang nutrisi. Mereka sangat kurang olahraga dan inilah yang menjadi faktor utama osteoporosis.
Laki-laki telah lanjut kemungkinan juga memiliki masalah kesehatan yang lain atau penyakit itu telah muncul karena berbagai pengobatan yang turut mengembangkan resiko tersebut.

Faktor apa saja yang berperan penting dalam Osteoporosis?
       Rendahnya kadar testosteron merupakan salah satu faktor resiko osteoprosis pada kaum laki-laki. Salah satu penyebab utama yang menyebabkan rendahnya testosteron adalah hypogonadism, ketika jaringan testis mereka tidak lagi memproduksi testosteron yang seharusnya masih memproduksi.
      Selain itu, karena orchiectomy atau operasi jaringan testis, laki-laki yang menderita kanker prostat akan mengalami perubahan  pada jaringan testisnya. Ketika Anda melakukan operasi, secara tidak langsung Anda juga memindahkan hormon laki-laki Anda sehingga mereka tidak akan bisa memproduksi testosteron dalam jumlah cukup.  Sementara itu, penyebab lain dikarenakan  kecelakaan atau mengalami keretakan pada tulang.
      Dari beberapa laki-laki yang diagnosis  dengan sinar X diketahui bahwa mereka memiliki tulang yang rapuh. Ini disebabkan tulang mereka kekurangan mineral.

Tindakan apa yang pertama kali harus dilakukan untuk mengobati laki-laki yang terkena Osteoporosis?
        Perlu diyakini bahwa laki-laki perlu memiliki atau mengkonsumsi cukup kalsium dan vitamin D sehingga akan meningkatkan kadar tetosteronnya. Ukurannya, untuk seorang laki-laki memerlukan sekitar 2.000 mg kalsium per hari. Namun, sebaiknya harus kosultasi dulu dengan dokter.


So, bagi laki-laki yang nggak ingin terserang penyakit tulang seperti osteoporosis seringlah olagraga, yang penting tu badan digerakkan,,jangan buat malas-malasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar